5 ide partisi lipat minimalis

Konsep partisi lipat minimalis menjadi jawaban cerdas untuk setiap rumah mungil yang memiliki keterbatasan lahan. Dengan penyekat ruangan yang fleksibel ini ruangan bisa dimanfaatkan 100%.

Artinya, Anda bisa menggunakan setiap centimeter bagian ruangan secara maksimal sesuai dengan jenis ruangannya. Boleh jadi untuk menyimpan barang atau beraktivitas.

Dengan fungsionalitas yang tinggi, tak heran bila produk ini menjadi pilihan banyak orang. Namanya kian populer dengan jumlah permintaan yang terus meningkat.

Bila Anda adalah salah satu orang yang tinggal di

sebuah rumah atau apartemen mungil, silakan pilih mana desain partisi minimalis yang paling sesuai dengan konsep tempat tinggal Anda saat ini.

Partisi lipat minimalis yang sederhana

Konsep pertama yang bisa terpakai adalah desain yang simpel. Model ini umumnya terbentuk dengan panel-panel pintu yang ukurannya mini sesuai dengan kebutuhan ruang. Saking kecilnya, satu pintu hanya bisa dipakai untuk keluar masuk oleh satu orang saja.

Salah satu contohnya adalah partisi lipat dari satu pintu. Pintu kamar tidur yang jumlahnya satu misalnya, terbentuk jadi dua panel pintu yang dapat terlipat. Pemilik kamar bisa leluasa membuka salah satu atau keduanya. Tergantung kebutuhan.

Konsep multifungsi

Pintu lipat bisa untuk konsep multifungsi dan model ini sangat cocok dengan keterbatasan ruang pada rumah minimalis.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan partisi lipat yang bisa berguna sebagai sekat sekaligus untuk menulis dan menempelkan rencana kerja.

Kalau pada rumah minimalis, umumnya sekat ini terpasang antara ruang belajar/ruang kerja dengan ruangan sebelahnya.

Selain dari rumah minimalis, model multifungsi ini juga cocok diaplikasikan di area perkantoran. Khusus untuk kantor-kantor yang ukurannya mini tapi dengan jumlah kebutuhan ruang yang banyak.

Selain jadi tempat tulis menulis, partisi multifungsi juga bisa digunakan untuk menaruh pernak-pernik yang akan mempercantik ruangan.

Bahan yang biasanya dipakai untuk membentuk model yang multifungsi umumnya adalah kaca, triplek yang licin, atau kayu.

Desain partisi minimalis yang modern

5 ide partisi lipat minimalis

Konsep modern umumnya ditandai dengan desain yang simpel dan elegan. Bila bahan yang dipakai adalah kayu, maka perlu dibentuk garis-garis panjang yang modelnya tidak lekang oleh waktu.

Bila yang dipakai adalah kaca dan frame-nya kayu atau aluminium, maka keuntungan yang akan didapatkan adalah dimensi yang akan terlihat lebih luas dan umumnya bisa menahan suara.

Meski rentan kotor, bahan kaca juga jauh lebih mudah dibersihkan sehingga maintenance-nya tidak butuh biaya yang mahal. Agar tahan lama, pilihlah kaca yang anti pecah

Model yang kreatif

Untuk membuat partisi minimalis terlihat keren, Anda bisa menambahkan ide-ide kreatif ke dalamnya. Ide-ide seperti ini tidak pernah ada habisnya. Kalau mau, Anda bisa cek inspirasi melalui internet.

Kalau memang sudah ada yang cocok dengan konsep rumah Anda, silakan amati, tiru, dan modifikasi. Jangan hanya diplagiat agar masih ada sentuhan kreativitas pribadi.

Fokus pada konsep pemilihan warna

Bila bingung mau memilih model seperti apa, coba fokus pada warnanya. Untuk memberikan tampilan ruangan yang lega, cobalah pilih warna putih. Warna ini tidak akan ketinggalan zaman dari era apapun.

Anda juga boleh memberikan kesan yang colorful pada partisi minimalis lipat. Partisi ini bisa menjadi “statement” dalam rumah tersebut sehingga mampu menarik perhatian orang lain.

Warna kayu yang gelap juga bisa menjadi pilihan. Dengan warna-warna seperti ini, rumah akan terasa lebih adem. Tapi agar tidak terlalu suram, jangan pakai terlalu banyak warna gelap.

Itulah beberapa desain partisi lipat minimalis yang bisa terpakai pada rumah mungil atau apartemen. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Pintu Lipat Redam Suara untuk Ruang Meeting

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *